Wednesday, January 21, 2015

Cerita Asi

Hai bu Ibu di luar sana,,

Mau share tentang asi..
sedih si kalau ngomongin perihal asi
jadi Fergie tidak asi esklusive bu ibu, di karenakan asi saya yang sedikit,
jadi selama di RS 3hari asi saya tidak keluar, kata suster dan dokter baby itu bisa bertahan 3 hari sejak dilahirkan tanpa di beri susu atau asi.
sampai di rumah pun Fergie belum minum susu atau Asi menjelang hari ke 4 pun Asi saya tidak keluar, di awali puting susu saya yang tidak keluar, sejak awal sudah disarankan orang-orang disekitar saya untuk dibersihkan dan dipijat bagian putingnya agak keluar, anehnya semakin dicoba Fergie untuk dihisap semakin masuk kedalam lah puting saya.
Menjelang hari ke 4, Fergie pun mulai kelaparan, nangis sekuat mungkin, saya dan Reza mengusahakan Fergie untuk asi esklusive segala massage sayur susu kedelai dan apapun itu sudah saya telan hidup-hidup tetap belum berhasil dikeluarkan itu asi. sampai payudara saya bengkak sangat karena seperti membatu didlam payudara saya (bukannya cerita vulgar ya, saya hanya share) dipompapun tak berhasil.
Seisi rumah pun mulai panik, karena anak ini mulai kelaparan, saya pun ikut stress,, dihari penyesuain ada baby,, asi tidak keluar, sedih berkepanjangan, dan saat itu saya terintimidasi karena Reza ingin anaknya asi. menangislah saya sekejer-kejer saya,, stress lah saya asi ga keluar, Fergie pun sudah kelaparan, Mama papa saya menyarankan untuk sementara di berikan susu formula karena anaknya sudah kelaparan. sempat bimbang, antara saya kekeh mau asi, tapi asi belum keluar sama kasihan liat Fergie yang nagis terus-terusan karena kelaparan plus desakan reza untuk terus bagaimana caranya asinya keluar. stresss lah saya.
dan akhirnya menyerah, saya belikan lah dia susu formula Morinaga Platinum, untuk sementara selama saya berjuang untuk sampai asinya keluar.

saat Fergie dikasih susu Formula ada rasa kecewa dari Reza.
yang bikin saya semakin sedih, Ibu mana yang tidak pengen anaknya minum asi coba? saya sudah berusaha dan berjuang namun memang belum keluar.. di tambah puting saya tidak ada itu semakin sulit untu Fergie merangsangnya..
di hari kelima akhirnya asi saya keluar, walaupun tidak langsung deras.. jadi selama beberapa hari hingg saat ini pun saya berusaha keras agar asi saya banyak,
semua sudah saya makan bahkan badan saya lebih besar sekarang jika dibandingkan saat saya hamil
demiiiii.. demi asi.
mulai dari daun katuk, sayur bayam, sayur daun labu, labu, kacang hijau, kacang kedelai, susu, keju, habatusaudah, apapun sudah saya telan.. semua asi booster jg sudah saya coba,, demi asi,,
tapi ya begitu hanya sedikit yang dihasilkan
mungkin karena rangsangannya yang kurang.. saya terkadang mulai pesimis untuk memompa atau menetekkan..

makanya bu ibu selama hamil konsumsi banyak sayur, kacang-kacangan,
ternyata asi itu mulai di produksi di kehamilan bulan ke tiga.
sering di massage juga.. bagusnya pakai minyak kelapa..
menyesal sangat saya.. selama hamil saya jarang sekali mengkonsumsi sayur-mayur, pikir saya kalau sudah melahirkan ya keluar lah itu asi,, ternyata pemikiran saya salah.. asi itu ya diusahakan dan diperjuangkan.. untuk anak tercinta..

mari bu-ibu selama hamil makan yang sehat banyak sayur dan kacang-kacangan
saya selalu mensuport ibu-ibu yang asi esklusive

bagi ibu-ibu yang merana seperti saya,, tetap semangat ya mom,, inshaAllah walau anak kita tidak asi esklusive tetap sehat dan pinter..

xoxo
Sasha


No comments: