Wednesday, June 11, 2014

Sharing : untuk Ibu Hamil yang hendak liburan,

hi Mom to be,,

mau share perihal ibu hamil yang hendak pergi liburan,
based on pengalaman ku yang kemarin hamil 19 weeks dan pergi berlibur ke hongkong #againnn..
sebenernya ini tergantung kondisi si Ibu.

aku kasih gambaran kondisi ku,
aku ibu hamil yang tidak nyidam,
tidak mual
tidak mabok
dan tidak berasa sedang hamil, hihihi

merasa kuat dan mampu untuk pergi liburan,
kemarin sempat diskusi sama Reza perihal keinginanku untuk berlibur sebelum melahirkan, mengingat lewat dari 7 bulan sepertinya aku sudah tidak bisa jalan-jalan, dan menunggu baby ku fix bisa ikut jalan-jalan  kemungkinan 1,5-2 tahun ya bu ibu..

dengat tekad yang bulat, kita konsul lah ke Dok kandunganku Dok Didi Danukusumo, rencana awal kita pengen pergi ke korea, tapi kata dok Didi terlalu lama perjalanan ke korea mengingat jika naik pesawat memakan waktu 8 jam, dok Didi bilang max Bangkok lah ya.
cuma berhub kita honeymoon sudah ke Bangkok masa ke bangkok lagi,, cari-cari info dapatlah kita ide untuk pergi ke Hongkong, ihiks sebenarnya agak malas si, karena saya sudah pernah ke Hongkong-Macau sebelumnya. Tapi lihat Reza ingin sekali pergi ya sudah lah ya

Kita pergi 24-28 Mei means 5D4N ya..

yang perlu di bawa adalah

Susu Hamil, baik bubuk maupun susu sudah jadi dalam kotakan
Buah
Roti
Sereal
Vitamin hamil
Koyo
#maklum saya irit sekali jadi semuanya saya bawa dari rumah

kenapa bawa roti dan sereal, takutnya dalam perjalanan wisata perut kerucukan kelaparan, atau tengah malam laper dadakan..
kenapa koyo? kalau kaki anda keletihan akibat kecapekkan jalan :p

pilih penerbangan yang nyaman,, mengingat anda akan terbang lama (penerbangan ke HKG kurang lebih 4jam), tak apa mahal sedikit tapi nyaman untuk ibu hamil. Saya pilih Garuda Indonesia (dilengkapi bantal kecil untuk punggung saya, selimut dan kaos kaki jika merasa dingin, snack dan makan siang)

untuk penginapan juga pilih penginapan yang nyaman, mengingat kita lagi hamil, bukannya pembelaan karena lagi hamil ya, tapi ibu hamil itu kondisinya special.

untuk Realisasinya selama di Hongkong adalah,, ternyata saya tidak seperti pemikiran saya yang merasa sanggup, kuat dan bisa, huhuhu
ternyata terbang 4 jam membuat punggung saya pegal,, dok Didi sempat kasih tips,, kalau bisa per2 jam sekali kita  jalan-jalan di dalam pesawat, sudah saya lakukan namun tetap punggung saya terasa pegal dan mengakibatkan saya merasa tidak begitu nyaman di pesawat :)

dan dalam bertransportasi di HKG pun, masuk kedalam stasiun dan menggapai MTR itu jauh sekali, rasanya ngasngosngasngos, belum lagi ada beberapa station yang mengharuskan kita naik turun tangga,, capek..
jadi selama saya di Hongkong saya hanya pergi ke 1 tempat wisata saya, agak siang saya berangkat, sore harinya saya pulang dan beristirahat sampai esok harinya di hotel. thats way kita harus cari hotel yang nyaman.

awalnya sempat khawatir karena kecapean, takut dedek bayinya kenapa-kenapa.. tapi saya sering komunikasi sama dedek bayi ntah sampai ke dedek bayi atau ga, yang jelas alhamdulillahnya anak saya tidak rewel. dan kata dok selama hati kita senang atau bahagia itu memberikan efek positif ke dedek bayi..

dan kendala yang sangat berarti adalah perihal lunch dan dinner kita selama disana, mengingat di Hongkong banyak babinya, saya agak kesulitan mencari makanan yang bisa dimakan, jadi harus rajin-rajin ke restaurant jepang,, agak mahal memang huhuhu.. habis kalau ga gitu saya ga makan. di Hongkong tidak seperti di Sin, KL, or Bangkok yang di setiap mall ada food courtnya di Hongkong sistemnya per restaurant. zzzzz #siapkan budget anda.. hihihi

jadi mom to be..
baru saya yakini kata orang-orang diluar sana benar adanya,
dulu suka ada yang bilang "kadang kita ngerasa fisik kita itu kuat, padahal selama hamil, fisik kita berubah karena mudah letih"

jadi sebelum berangkat,
pilih tempat berlibur yang tidak terlalu jauh,
pilih tempat berlibur yang mudah transportasinya, tanpa harus membuat anda berjalan jauh
lihat dulu cuacanya (kemarin saya pas summer :'( panasss)
dan pilih tempat wisata yang tidak merepotkan anda dalam mencari makan siang atau makan malam.

sekian sharing dari saya
semoga bermanfaat.

xoxo
Sasha

Anjani said...

Halo mba Sasha, salam kenal saya Diah, kebetulan sy jg lagi hamil 17 minggu dan secara kebetulan lagi saya juga konsul ke Dr. Didi Premier Bintaro, InshaAllah minggu depan saya juga bakalan liburan ke hongkong..pas bgt nih tipsnya..makasih ya hehehe

Unknown said...

hi Mba Diah, salam kenal juga,

yang penting jangan capek-capek ya.. karena di HKG kita pasti banyak jalan kaki, misalnya mau ke the peak,, itu jalannya jauh loh dr station or mau ke ocean park dll,, semuanya agak jauh dari station MTR, kalau capek duduk berhenti dulu ya.. di jaga dedek bayinya :)

jangan lupa bawa botol minum dan snack di tas..

kemudian di HKG lg summer, jadi lumayan panas 32-33 derajat,, kalau bisa bawa payung kecil,,